WALKTHROUGH Final Fantasy III Bahasa Indonesia

WALKTHROUGH Final Fantasy III



walaupun walkthrough ini di buat untuk Versi Remake..
tapi alur dan ceritanya tetap sama kok sama Versi NES/origins..
jadi gak usah takut beda bagi yg maen versi NES :D

ALTARCAVE
            Setelah terjatuh ke dalam lubang, kamu akan mengontrol Luneth. Beresi 3 Goblin lalu ambil Leather Shield dan Potion dari 2 peti yang ada. Periksa batu di sudut untuk membuka jalan. Pastikan mengambil Longsword di dalam peti sebelum tangga.
            Teruskan saja mengeksplorasi gua. Ambil masing-masing 2 Antarctic Wind dan Potion di sepanjang perjalanan. Pada kolam di sebelah timur kamu bisa restore HP-MP. Jika sudah, lanjutkan ke ruangan berikut untuk menghadapi Boss pertama.
Boss: Land Turtle
            Gunakan Antarctic Wind di permulaan karena boss ini lemah terhadap es. Sisanya cukup serang dengan serangan fisik. Dengan senjata di kedua tangan, pertarungan ini akan berjalan mulus. Bila HP-mu kurang dari 10, baru gunakan Potion.
            Setelah scene, berdiri di atas lingkaran untuk teleport ke World Map. Masuki desaUr di selatan.


UR
            Beri Potion pada kakek di depan rumah untuk mendapatkan Phoenix Down darinya. Di dalam rumah tersebut, ada kolam untuk restore HP-MP dan revive (menghidupkan anggota party yang tewas). Lewati jalan rahasia menuju sumur di timur untuk 3 Potion. Jangan lupa untuk menengok semua toko yang ada dan membelanjakan sebagian gil untuk bekalmu berpetualang.
            Dekati beberapa anak di sebelah timur yang sedang mengolok-olok Arc, sahabat Luneth semasa kecil. Setelah scene, masuki rumah di utara desa (ada musuh di sekitar situ). Kakek yang tinggal di sana akan menerangkan tentang perlunya zoom in untuk mendeteksi tombol atau item tersembunyi pada benda/tempat yang berkilau. Periksa guci-guci untuk 2 Antidote dan tekan tombol pada lilin untuk membuka ruangan menuju Longsword, Eye Drops, magic Cure, Dagger, dan Phoenix Down. Bila sudah siap, lanjutkan perjalanan ke Kazus di sebelah selatanUr.

KAZUS
            Kamu akan bertemu Arc lagi yang kemudian akan bergabung. Oh, ternyata semua penduduk di sini telah dikutuk menjadi hantu! Di rumah barat ada kolam restore HP-MP. Temui hantu Cid di dalam Inn dan ia akan meminjamkan airship-nya kepadamu. Pergilah kepadangpasir di sebelah barat Kazus (dataran berwarna cokelat muda) dan secara otomatis kamu akan masuk ke dalam airship. Disanaada Refia, anak gadis Takka si penempa mythril dari Kazus yang kemudian menjadi anggota ke-3 party. Dengan airship, pergilah ke Castle Sasune di sebelah barat peta.
                                           
  CASTLE SASUNE
            Bicara pada pengawal di gerbang istana (Ingus) dan ia akan membukakan jalan untukmu. Penghuni istana di sini juga bernasib sama dengan Kazus. Jalan saja lurus ke utara untuk menemui King Sasune. Setelah berbicara dengannya, Ingus akan bergabung dan lengkaplah sudah party-mu kini.
            Sebelum melanjutkan petualangan, kamu dapat menjelajah seisi istana untuk mendapatkan Phoenix Down, 1000 gil (x2), Leather Shield, magic Blizzard. Oya, ada Bronze Knuckles juga di ruangan rahasia (dinding barat). Kedua menara istana juga bisa kamu jelajahi. Di menara timur ada Potion, Wooden Arrow dan Bow. Sedangkan di menara barat akan terdapat musuh undead yang lemah dengan magic dan item penyembuh. Item-item yang ada di sini adalah Wooden Arrow, Holy Arrow dan Wightslayer (dijaga oleh Griffon). Puas? Sekarang pergilah menuju gua dengan danau di depannya di sebelah timur laut istana.
Catatan:
            Dengan formasi party yang lengkap ini, kamu dapat memasuki kembali Altar Cave dari awal (sebelum event Luneth jatuh ke lubang) untuk beberapa item: Leather Cap, Bronze Bracers (x2), Longsword (x2), Bronze Knuckles, magic Sleep. Sayang bila dilewatkan.

SEALED CAVE
            Musuh di sini rentan terhadap magic. Bila kamu berada minimal pada level 8, serangan fisik juga dapat melancarkan penelusuranmu di dungeon ini. Telusuri seisi gua sambil mengambil Potion, magic Cure, dan 500 gil. Di perjalanan kamu akan bertemu Princess Sara yang kemudian ikut serta. Saat battle, secara acak Sara akan membantu dengan magic Cure. Bisa juga bercakap-cakap dengannya (tombol Y) untuk sebuah informasi penting. Ambil juga Eye Drops dan Antarctic Wind di perjalanan sebelum kamu menjumpai Boss berikutnya.
 Boss: Djinn
            Djinn lemah terhadap es, jadi bisa kamu serang dengan Blizzard atau Antarctic Wind. Lengkapi saja party dengan senjata di kedua tangan agar dapat membantu menghasilkan damage besar. Selain menyerang secara fisik, Djinn sesekali akan menggunakan magic Fire. Jaga agar HP-mu tidak berada di bawah 50 dengan Cure atau Potion (jaga-jaga bila Sara tidak muncul membantumu) dan dijamin kamu akan menang.
            Saat battle berakhir, kamu akan membuka Job (Wind Crystal) pada Menu. Silahkan bereksperimen untuk mendapatkan formasi Job yang kamu suka. Saya sendiri memakai formasi Warrior, Black Mage, White Mage dan Monk. Bila sudah, kembalilah ke Castle Sasune.

CASTLE SASUNE
            Saksikan scene Princess Sara melempar Mythril Ring dimana akhirnya semua orang kembali ke wujud normal. Temuilah King Sasune untuk mendapatkan Canoe. Kini kamu bisa melewati sungai atau danau. Temui Princess Sara di menara timur untuk say goodbye. Ambil lagi airship-mu di depanSealedCave dan pergilah ke Kazus.

KAZUS
            Refia akan menemui ayahnya dan memisahkan diri untuk sementara waktu. Laporkan misimu pada Cid dan ia akan menjadi anggota party. Sekilas info, saat battle Cid akan membantu party dengan magic Fire dan serangan fisik. Temui Refia di rumah paling utara dan ia akan bergabung kembali. Oya, mulai kini Moogle akan muncul (begitu pula di tiap desa/kota yang kamu kunjungi) sebagai fasilitator untuk pengiriman/penerimaansurat dan semua toko di sini juga sudah buka kembali.
            Pergi ke rumah Takka untuk melengkapi airship dengan mythril. Dengan upgrade ini, batu besar diNelvValleydapat kamu hancurkan. Sebelum meninggalkan rumah, periksa guci dekat tungku untuk Potion.Adatambang mythril di utara desa ini yang layak kamu jelajahi. Tekan tombol rahasia yang terdapat pada kayu di barat laut untuk mendapatkan 2 Mythril Sword. Keluar dari Kazus menuju batu besar di sebelah barat daya World Map. Jalan menuju Cannan telah terbuka meskipun sisa perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki. ^.^

CANAAN
           Sesampainya di sini Cid akan meninggalkan party. Adarumah dengan kolam revivePada tangga di utara ada jalan masuk ke air. Telusuri saja sampai ke tenggara untuk Elixir. Pergi ke rumah Cid di barat laut. Istrinya sedang terbaring sakit, jadi beri dia Elixir yang baru saja kamu dapat. Kebaikanmu membawa berkah karena Cid menunjukkan jalan rahasia menuju hanggar dimana terdapat banyak sekali harta!
            Masuki rumah di sebelah Inn untuk scene pendek yang sekaligus menjadi petunjuk tujuanmu berikutnya. Ambil juga Mallet di tumpukkan kayu dekat Jolina. Jangan lupa cek semua toko dan stok beberapa Gold Needle sebelum pergi. Pergi ke bukit tepat di timurCanaan.

DRAGON’S PEAK
            Beberapa musuh di sini bisa menyebabkan status petrified. Dalam perjalanan kamu dapat mengambil Phoenix Down, magic Aero dan Gold Needle. Pada puncak di barat laut kamu akan berjumpa dengan Bahamut. Saat berada di sarang naga, bicara dengan pemuda berbaju ungu (Desch). Ups, Bahamut datang lagi.
Boss: Bahamut
Dengan kemampuan party saat ini, mustahil untuk dapat mengalahkannya. Lari saja darinya dan bila beruntung kamu tidak perlu ‘mencicipi’ serangannya.
            Setelah scene, Desch akan bergabung dan memberimu magic Mini. Pada saat battle, serangan fisik Desch akan cukup membantu, apalagi magic Thundara-nya. Oke, masuki hutan di depanmu.

HEALING COPSE
            Di sini ada 3 kolam, yaitu restore HP-MP, revive dan status remove. Bila kamu berbicara dengan Desch, ia akan memberikan beberapa tips. Berbicara juga dengan satu-satunya orang di sini tentang jalan menuju Tozus yang hanya bisa dimasuki dengan status Mini. Lengkapi White Mage-mu dengan magic tersebut dan gunakan ke seluruh anggota party. Ingat, pada saat ini kamu sangat rentan dan tidak dapat mengandalkan serangan fisik Warrior atau Monk. Seorang Black Mage (atau lebih) akan sangat berguna karena musuh hanya dapat diserang dengan magicKeluar dan jelajahi hutan di bagian selatan, sampai akhirnya kamu masuk ke desa kaum gnome (tidak tampak pada World Map).

TOZUS
            Masuki rumah di barat laut dan periksa rak buku untuk Fire Staff dan magic Fira. Di guci juga ada magic Cura. Bicara dengan Doctor Shelco dan beri dia Antidote. Jalan menujuMiralkaBasin akan terbuka untukmu. Ambil Phoenix Down (x2) di perjalanan dan terus saja hingga mencapai Tozus Tunnel.

TOZUS TUNNEL
            Ikuti saran Desch sebelumnya untuk menyerang musuh di sepanjang terowongan ini hanya dengan magic. Pada akhirnya kamu akan kembali ke World Map. Masih dalam keadaan Mini, masuki gua di dekatmu.

VIKING’S COVE
            Awali dulu eksplorasi di pemukiman bangsa Viking ini dengan memasuki jalan rahasia di sebelah tenggara untuk mengambil Spark Dagger.Adapintu yang menuntunmu ke beberapa toko.
            Di ruangan berikutnya, ambil dulu jalan barat dan telusuri dinding dengan baik untuk 3000 gil, Viking Axe dan kolam revive. Di depan Moogle juga ada jalan rahasia menuju magic Blizzara, Fira dan Thundara. Teruskan ke arah timur dan berbicara dengan pemimpin kaum Viking untuk membuat kesepakatan. Keluar ke World Map dan masuki kuil di barat laut, masih tetap dalam keadaan Mini. Jangan coba-coba mengemudikanEnterprise kalau tidak mau mati konyol.

NEPTOTEMPLE
            Cek patung kepala naga bermata satu dan masuki mulutnya. Teruskan sampai menemui 2 lubang. Masuki dulu lubang kiri untuk Shell Armor dan Shell Helm, kemudian masuki lubang kanan untuk Serpent Sword. Akan ada lubang berikutnya yang membawamu ke Boss battle.

Boss: Giant Rat
            Berhubung kamu dalam keadaan Mini, memang hanya magic saja yang dapat kamu andalkan untuk menyerang. Boss ini juga dapat mengeluarkan Fire, Blizzard, Thunder dan serangan fisik. Biarkan White Mage menyembuhkan party secara berkala.
            Nepto Eye menjadi hadiah kemenanganmu. Kembali lagi ke patung naga, pasangkan, dan kamu akan mendapat Fang of Water sebagai gantinya. Kembali lagi ke Boss Viking danEnterprisepun telah menjadi milikmu. Hore! Saatnya menjelajahi World Map lebih dalam lagi.

TOKKUL
            Tokkul terletak di sebelah barat daya NeptoTemple. Beberapa rumah di sini berada dalam keadaan rusak dan para penduduknya pun ketakutan. Belum ada event penting di sini, tapi tidak ada salahnya berburu item gratis. Periksa saja kotak-kotak di depan beberapa rumah untuk Great Bow dan Bacchus’s Cider. Masuki rumah Elder of Tokkul di barat laut. Di perapian kamu bisa menemukan Kenpo Gi dan Serpent Sword, plus Sonic Knuckles pada guci. Pada rumah di selatan yang kamu masuki, akan ada event pendek. Masih belum tiba saatnya berbuat sesuatu, jadi teruskan saja singgah ke tempat-tempat lain. Bisa kamu mulai ke sebelah barat Tokkul, ada sebuah desa yang terletak benar-benar di ujung World Map.

VILLAGE OF THE ANCIENTS
            Banyak barang bagus di sini. Beli yang kamu perlukan, termasuk melengkapi magic untuk para Mage-mu. Di salah satu rumah juga ada kolam revive.Adajuga anak yang menantangmu untuk dapat mengelilingi Floating Continent dengan Chocobo, dimana nantinya kamu akan dihadiahi Gnomish Bread bila berhasil. Bila kamu tertarik, Chocobo bisa kamu dapatkan di Chocobo Woods, sebelah timur desa ini. Cukup puas berada di sini, lanjut ke istana berwarna cokelat di utara Tokkul.

CASTLE ARGUS
            Suasana di sini sepi sekali. Bila kamu sudah berada di ruangan dengan 4 lilin, sentuh lilin paling kanan untuk membuka jalan rahasia dan mempertebal dompetmu. Saat berada di ruangan dengan meja bundar, masuk pintu di atas bangunan timur. Bomb Fragment dan Antarctic Wind sudah menunggu. Kolam di sisi timur dan barat adalah untuk restore HP-MP dan revive yang mungkin akan kamu kunjungi lagi nanti.
            Oya, pada istana ini juga ada pintu-pintu yang terkunci. Kamu dapat membukanya sebagai Thief atau dengan Magic Key. Bila belum punya, kembali saja nanti. Keluar dari istana dan bersiaplah lagi untuk melanjutkan cerita dengan pergi ke barat laut. Akan ada jalan menuju barat diantara bukit. Masuki untuk jalan setapak menuju gua.

GULGAN GULCH
            Bicara dengan para Gulgan untuk mendapatkan informasi. Salah seorang dari mereka akan memberikanmu magic Toad (memungkinkanmu berubah diri menjadi katak). Ia juga mengatakan bahwa takdir Desch telah menunggu di Tower of Owen. Sebelum meninggalkan tempat ini, ambil Mage Robe serta Ice dan Fire Staff melewati jalan rahasia melalui tangga di tengah. Menara tujuanmu tersebut terletak di timur laut Castle Argus, di sebelah barat pusaran air.

TOWEROFOWEN
            Eksplorasi ruangan pertama ini sampai ada scene dimana kamu harus menjadi katak untuk bisa meneruskan perjalanan. Begitu sudah melalui rintangan tersebut, segera berubah kembali ke wujud asal. Saat jalan dirasa buntu, tekan tombol rahasia pada tembok dan jalan pun akan terbuka. Terus saja mengeksplorasi menara ini untuk item-item yang ada. Saat sudah mendapatkan Sonic Knuckles, Salamand Sword, Flame Mail dan Zeus’s Wrath, sembuhkan party sebelum memasuki pintu menuju lantai teratas menara ini.
Boss: Medusa
            Wanita berkepala ular ini akan menyerang dengan beberapa magic seperti Fire, Blizzara dan Thundara. Ability Stare-nya dapat menimbulkan status petrified, tapi seringkali miss jadi mungkin kamu tidak perlu khawatir tentang ini. Serang saja dengan serangan fisik karakter terkuatmu. Magic Blizzara juga cukup efektif terhadapnya.
            Selesai pertarungan, ada scene Desch yang ingatannya telah pulih kembali dan menghadapi takdirnya. Bila kamu kembali keEnterprise, pusaran air telah hilang dan kamu dapat bertualang lebih jauh lagi.Ada satu desa yang bisa kamu kunjungi di daratan seberang timur Dragon’s Peak.

GYSAHL
            Beberapa rumah ada kolam revive, yang dengan Chocobo berisi 2 Gysahl Greens (cek guci), dan lainnya menjual Magic Key seharga 100 gil. Petunjuk tentang memunculkan Fat Chocobo pada Chocobo Woods juga diperkenalkan di sini. Terakhir, bila ingin membeli magic, desa ini juga menyediakan beberapa.
            Saatnya melanjutkan petualangan. Pergi ke pulau di sebelah baratTowerofOwen. Ada 2 gua di sini. Masuki dulu yang di sebelah selatan.

DWARVEN HOLLOWS
            Lali-ho! Setelah puas melakukan percakapan dengan beberapa dwarf, dekati yang berdiri dekat altar. Darinya kamu akan mengetahui bahwa Horn of Ice telah dicuri oleh Gutsco. Setelah scene ini, tengok ruangan-ruangan di sebelah utara altar.
            Membeli armor berelemen Ice akan cukup membantumu pada area selanjutnya. Kalau sudah, lanjut ke tangga barat daya dan siapkan magic Toad sekali lagi untuk terjun ke danau.

SUBThERRANEANLAKE
            Musuh di sini rata-rata menggunakan magic dan cukup kuat. Jelajahi saja rute yang sudah jelas sambil mengambil berbagai harta yang ada. Boss sudah menunggu di bagian dalam danau ini.
Boss: Gutsco the Rogue
            Serangan fisik Gutsco mungkin akan sedikit merepotkanmu. Segera sembuhkan diri bila HP kurang dari 150. Serang dengan magic-magic lv.3, Aero, dan tetap serang dengan serangan fisik. Meskipun ia akan menggunakan Cure saat HP-nya menipis, asal seranganmu konstan dia akan kalah tanpa ampun.
            Horn of Ice berada di tanganmu. Kembali lagi ke dwarf (eh, ada bayangan menguntitmu!) dan letakkan item tersebut pada altar. Gawat, Gutsco muncul lagi dan kini kedua Horn ada padanya. Tidak ada pilihan lain. Keluar dari Dwarven Hollows dan kejar dia ke gua lain di utara pulau ini.

MOLTEN CAVE
            Saya berada pada level 20 saat memasuki area ini dan kekuatan musuh cukup seimbang. Ambil Antarctic Wind di barat laut. Rintangan menghadang! Mau tidak mau, kamu harus melewati lava. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan HP di layar Menu. Masih ada lagi Antarctic Wind di jalan timur sebelum kamu lanjut ke barat.
            Makin banyak lagi lava di sini. Dari poin ini, ada Freezing Blade di bagian selatan setelah persimpangan. Masuki persimpangan tadi. Pada jalan utara dan selatan terdapat Phoenix Down dan Hi-Potion. Ambil jika mau dan lurus ke barat saja bila kamu tidak peduli dan berniat melanjutkan ke ruangan berikut.
            Ikuti jalan. Tangga pertama mengarahkanmu ke Impact Claws untuk Monk-mu. Ambil Phoenix Down dan aktifkan tombol batu. Sembuhkan party karena sekarang saatnya battle versus Boss.

Boss: Salamander
            Salamander bisa menyerang 2 kali dalam satu putaran dan ia bisa menghasilkan damage yang berkisar 150-200-an. Serang dengan Blizzara sampai MP-mu habis. Saat dia mengeluarkan Fire Breath-nya, siap-siap saja untuk menghidupkan anggota party. Untuk pencegahan, gunakan Cura pada tiap putaran.
            Akhir dari Boss battle ini juga menghadiahkanmu job-job baru dari Fire Crystal. Teleport dan kembalikan kedua Horns kepada pemiliknya. Magic Key beserta sejumlah harta lain akan menjadi milikmu setelah berbicara dengan dwarf yang menjaga batu besar sebelumnya di jalan tenggara. Wah, mereka terlalu baik deh.^.^  Keluar dan saksikan scene. Saatnya kembali ke Tokkul.

Catatan:
            Ingat ‘kandengan 2 pintu terkunci di Castle Argus? Dengan Magic Key ini kamu bisa membuka pintu berisi harta-harta untuk job Scholar.

TOKKUL
            Saksikan scene yang bergulir dan secara otomatis akan membawa party ke lokasi berikutnya.

CASTLE HEIN
            Cari orang berjubah merah dan bicara padanya. It’s King Argus! Dia memintamu untuk membereskan Hein yang menjadi dalang atas semua kekacauan ini. Pergi ke timur dan bicara pada seseorang yang terkapar. Dia akan memberimu magic Mini. Periksa dulu guci untuk restore HP-MP dan kecilkan diri untuk dapat masuk lubang di dekat situ.
            Monster bertebaran di sini. Pada persimpangan, ambil jalan selatan hingga mentok untuk Holy Arrow. Kembali lagi, ambil jalan utara untuk PhoenixDown (x2). Jalan barat menuntunmu ke ruangan berikutnya.
             Phoenix Down lain terdapat di jalan utara. Bergerak ke arah tangga dan masuki lagi pintu-pintu di depanmu. Di ruangan selanjutnya akan kamu temukan Royal Sword (cepat equip!). Teruskan saja hingga kamu berada di ruangan terbuka.
            Serasa berjalan di dahan pohon raksasa. Ambil harta yang kamu temui di perjalanan. Di dalam lagi, akan ada Elixir dan Rune Bow. Dari jalan tengah ruangan ini ada jalan ke barat. Siap-siap!
Boss: Hein
            Boss kali ini memiliki kelemahan yang bervariasi. Gempur dengan magic-magic –ra yang kamu miliki secara bergantian. Bila salah satu magic memiliki daya hancur paling hebat, teruskan usaha ini. Bantu juga dengan serangan fisik karakter terkuatmu. Sembuhkan kebutaan karaktermu saat Hein mengeluarkan Blind. Magic lain miliknya tidak akan menjadi masalah berarti.
            Nikmati scene dimana Elder Tree akan kembali ke Living Woods dan kamu akan mendapatkan Fang of Wind. Kembali ke Castle Argus.

CASTLE ARGUS
            Keadaan kembali seperti semula. Bicara pada sang raja untuk mendapatkan Wheel of Time. Untuk memodifikasiEnterprise, kamu harus menemui Cid di Canaan.
   
CANAAN
            Cid akan membuat Enterpriseberfungsi ganda sebagai airship! Tapi ingat, ia hanya bisa mendarat di air. Saatnya mendengarkan cerita asal-usulmu. Keluarlah dari Floating Continent, tempat kamu berada selama ini. Setelah scene, arahkanEnterprise ke timur laut World Map yang baru. Dekati kapal karam yang ada.

WRECKED SHIP
            Masuki geladak sambil mengambil Blood Sword dan Zeus’s Wrath. Bicara pada kakek dan Priestess Aria, gadis yang terbaring di situ. Beri Aria Potion dan ia akan bergabung (membantu dengan magic Cura dan Protect). Next, ke Temple of Water. 

TEMPLEOFWATER
            Terdapat di benua besar sebelah timur. Di kuil ini kamu akan mengambil Crystal Shard. Cek juga bahwa di sini juga ada kolam restore HP-MP dan revive. Keluar dan masuki gua di dekat kuil ini.

CAVEOFTIDES
            Aria akan berdoa di depan pintu untuk membuka jalan. Dungeon ini cukup panjang dan miskin item (kecuali magic Blizzaga), tapi cukup baik untuk menaikkan levelmu. Bila kamu tiba dengan genangan air di lantai, tidak jauh dari situ kamu akan melihat Water Crystal. Stop, jangan terburu nafsu. Sembuhkan party karena setelah scene Boss tidak akan tinggal diam.
Boss: Kraken
             Makhluk bertentakel ini mampu mengeluarkan magic Blind dan lemah terhadap elemen Thunder. Serang juga dengan magic terkuatmu seperti Blizzaga yang baru kamu dapat. Ingat, Aria sedang terluka jadi tidak mungkin mengandalkan bantuannya kali ini.
            Setelah Kraken kalah, job dari Water Crystal akan kamu dapatkan berikut kisah sedihnya. Lihat scene lagi tentang gempa dan lenyapnya awan hitam. Seseorang akan mendatangi Luneth dan mengatakan sesuatu tentang Doga dan Dalg Continent. Lihat di mana dirimu berada setelah siuman.

AMUR
            Theme song-nya bagus! Di kota kecil ini para penduduk akan memberitahukan bahwa Enterprise ditawan oleh seseorang bernama Goldor yang tinggal di purinya. Namun jalan ke sana terhalang oleh bottomless bog, yang hanya bisa dilalui dengan Levigrass Shoes milik Delilah. Sebelumnya cek dulu toko-toko di Amur.
            Bicara pada orang yang seorang diri di sebelah selatan untuk memunculkan scene The 4 Old Men. Lanjutkan dengan menemui Old Man Gill di rumah sebelah timur dan dia akan membukakan jalan menuju Sewers. Santai, telusuri dulu jalan sungai untuk naik ke daratan, baik yang di sebelah barat laut maupun timur laut. Bila kamu teliti akan ada Black Cowl, Thief Gloves, Black Garb dan Gysahl Greens (x4) yang bisa kamu ambil. Urusan selesai. Siapkan beberapa Antidote dan masuki Sewers.

SEWERS
            Musuh di sini bisa memberikanmu status Poison. Tak lama akan muncul scene dimana The 4 Old Men sedang dalam bahaya. Siapa lagi kalau bukan kamu yang menolongnya?
Boss: 4 Gigantoads
            Awas terhadap serangan beracunnya. Serangan fisik Warrior dan Monk cukup untuk membereskan mereka.
            Pada ruangan berikut, masuki dulu celah di bagian barat untuk item-item, baru kemudian kembali dan temui Delilah di jalan utara dalam ruangan lain setelah tangga. Begitu Levigrass Shoes kamu dapatkan, otomatis kamu akan di-teleport ke Amur. Siapkan diri karena saatnya menuju ke bagian selatan benua ini. Abaikan saja dataran dengan 4 patung-patung yang mengapit jalan karena game akan langsung berakhir. Rumah setelah rawa ungu itulah tujuanmu.

Gamearea77.blogspot.com

GOLDOR MANOR
            Saya menyarankan agar kamu setidaknya berada pada level 25 bila tidak ingin mengalami kesulitan. Semua sisi bangunan di puri ini bernuansa emas. Pada ruangan ini akan ada 4 ruangan yang terkunci pintunya. Tidak usah repot-repot membuka semua karena hanya ruangan timur laut saja yang penting. Abaikan dulu untuk saat ini dan lanjutkan dulu ke ruangan selanjutnya.
            Banyak peti berisi Golden Sword dan salah satunya juga ada Wyvern Claws. Semua pedang tersebut dapat kamu jual nantinya untuk menambah gil-mu. Bila sudah, kembali ke ruangan yang saya singgung sebelumnya dan ikuti jalan untuk memberi perhitungan dengan si pemilik puri ini.
Boss: Goldor
            Confuse, Silence dan Thundara akan digunakannya untuk menyerangmu. Tenang, gempur saja dengan Blizzaga dan serangan fisik. Dia pasti kalah kok.
            Chain Key yang kini di tanganmu berfungsi untuk melepas belengguEnterprise. Sesudah itu, singgahlah dulu ke beberapa tempat yang mungkin dapat menarik minatmu untuk berbelanja. Mulailah dulu ke desa yang terletak pada pulau kecil di bagian tengah Map.


DUSTER
            Berbahagialah untuk job Bard yang banyak mendapatkan weapon baru di sini. Feathered Hat adalah pilihan yang baik karena akan cukup lama hingga kamu mendapatkan armor yang lebih baik lagi sebagai pelindung kepala.

REPLITO
            Di bagian utara benua besar di baratlah desa ini berada. Jika kamu penggemar summon, ini adalah saat yang tepat menjadi Evoker dan menghabiskan beberapa gil di sini.
            Beres sudah. Sekarang pergi ke Saronia, area kelabu di timur benua ini pula. Mulailah dahulu dengan mengunjungi istana dan memicuevent. Tidaaak,Enterprise!!!

CASTLE SARONIA
            Sepertinya sesuatu yang runyam sedang terjadi. Saat ini tidak ada yang bisa kamu lakukan, jadi keluar dari halaman istana dan cek kota-kota di sekitarnya.

NORTHWESTERN SARONIA
            Beberapa toko dapat kamu kunjungi, tapi lainnya masih tutup untuk saat ini (begitu juga untuk 3 bagiankotaSaronia lainnya).

SOUTHWESTERN SARONIA
            Pada rumah timur, bicara pada laki-laki yang ada untuk memunculkan Fat Chocobo. Silahkan simpan item di perutnya jika berminat. Masuki rumah di sebelah timur laut. Adascene dimana kamu harus menolong seseorang dan bertarung membelanya.
Boss: 3 Gold Knights
            Musuh yang pastinya sudah tidak asing lagi bagimu. Yup, sama dengan yang pernah kamu temui di Goldor Manor. Mereka menyerang juga dengan Thunder, tapi kamu pasti bisa mengatasinya, bukan?
            Terungkaplah bahwa orang yang kamu tolong ternyata adalah Alus, sang putera mahkota Saronia. Ia akan bergabung dan dalam battle akan membantu party dengan magic Aero dan Confuse.Adajalan lewat air menuju kakek di tengah area yang akan memberimu Dragon Mail.

SOUTHEASTERN SARONIA
            Langsung saja masuk ke menara di tengahkotaini untuk masuk ke dalam Dragon Spire. Sambil bertarung dengan monster yang kamu temui, ambil semua harta yang ada di puncak. Bila sudah kamu sikat habis, saya menyarankan kamu mengubah job 2 anggota party menjadi Dragoon untuk persiapan melawan Boss nantinya. Tenang, tidak perlu membeli item untuk weapon dan armor karena kamu baru saja mendapatkannya. Jangan lupa untuk membiasakan para Dragoon baru tersebut hingga statusnya normal.

NORTHEASTERN SARONIA
            Kalau ternyata persediaan senjata untuk Dragoon-mu kurang, bekali dikotaini. Beristirahatlah di Inn jika perlu dan pergi kembali ke istana.

CASTLE SARONIA
            Dengan Alus pada party, kamu akan mendapatkan ijin memasuki istana. Saksikan semua scene hingga Gigameth turun tangan dan saatnya Boss battle. Saya rekomendasikan untuk berada pada level 28 agar pertarungan seimbang.
Boss: Garuda
            Bila sudah ada setidaknya 2 Dragoon, gunakan ability Jump setiap kali tiba giliran mereka untuk menyerang. Dengan begitu serangan Lightning milik Garuda yang cukup berbahaya dapat dihindari. Black Mage dapat membantu melancarkan magic-magic terkuat dan White Mage (bila ada) tetap mengeluarkan Aero dan Cura pada tiap putaran.
            Seiring dengan Alus yang cerita menjadi raja, seisi istana dapat kamu jelajahi. Bicara dengan semua orang untuk informasi dan petunjuk lain menuju harta di dalam istana. Pada ruangan dengan 2 tempat tidur, raba dinding timur menuju jalan rahasia menuju sejumlah harta. Masih ada lagi di selatan, saat ruangan terlihat buntu, ada tombol rahasia di dinding timur yang pastinya berhadiah dong.
            Turunlah ke lantai dasar. Pada menara timur, para ilmuwan Saronia akan memberikan alat transportasi baru untukmu bernama Nautilus. Masuki menara barat untuk berbicara dengan salah satu Black Mage yang akan memberitahukan tujuan selanjutnya, yaitu Dalg Continent. Angin besar yang menghalangi benua ini akan dapat kamu lewati dengan Nautilus. Sebelumnya kunjungi kembali 4kotadi Saronia yang telah berfungsi seperti sedia kala. Banyak toko yang belum kamu singgahi loh.

NORTHWESTERN SARONIA
            Kamu bisa membaca sejumlah informasi di perpustakaankota. Beberapa fakta menarik akan dapat kamu temukan disana.

SOUTHEASTERN SARONIA
            Perbedaan dengan saat terjadi perang saudara hanya ada pada kemunculan Moogle. Selebihnya sama saja.

NORTHEASTERN SARONIA
            Waktunya untuk meneruskan perjalanan dengan kendaraan baru. Pergi ke benua di sebelah selatan. Lewati angin kencang dengan kecepatan super Nautilus dan masuki rumah di situ.

DOGA’S MANOR
            Sesaat setelah memasuki puri ini, kamu akan bertemu dengan Doga yang kemudian bergabung denganmu. Doga memiliki magic Flare dan Firaga yang akan sangat membantu dalam battle. Masuki puri lebih dalam lagi dan bicara dengan para Moogle. Beberapa dari mereka juga membuka toko.
           Adalilin di sebelah timur dimana kamu bisa gunakan Gysahl Greens untuk memunculkan Fat Chocobo. Pada lantai teratas di kamar Doga, gunakan meja dan guci untuk revive dan restore HP-MP. Rubah diri menjadi Mini dan sentuh lilin untuk membuka jalan rahasia.

Gamearea77.blogspot.com

CAVE OF THE CIRCLE
            Ingat, sekali lagi kamu dalam keadaan Mini, jadi lari saja atau gunakan magic untuk menghadapi musuh. Di akhir tiap area kamu tinggal teleport saja hingga ada scene Doga memantrai Nautilus. Pesawatmu itu kini dapat menyelam ke bawah air (tekan tombol B). Tugasmu selesai, kembalilah ke World Map.
            Sebelum melanjutkan ke tujuan berikut, masih pada Doga’s Continent ini, menyelamlah dari sisi timur benua. Di dalam laut kamu akan melihat cekungan jalan ke barat. Ikuti saja sampai mentok dan naik kembali ke permukaan. Masuki desa dekat danau tempat kemunculanmu.

DOGA’S VILLAGE
            Desa ini dihuni oleh Black Mage. Tapi yang terpenting adalah cek mereka semua untuk menemukan magic-magic yang dapat kamu beli.

SUNKEN CAVE
            Gua ini terletak di bawah laut pulau segitiga di bagian tenggara World Map. Masuki saja untuk mendapatkan banyak sekali harta. Pada ruangan kedua terdapat jalan rahasia pada dinding barat untuk 4 peti harta lagi yang dijaga oleh monster. Selesai menguras habis semuanya, keluar dan pergilah ke bagian paling selatan benua Saronia.Adatanjung yang berbentuk seperti 2 tanduk (Cape Twin Horn). Menyelamlah diantara kedua “tanduk” itu.

TEMPLEOFTIME
            Siapkan banyak Magic Key terlebih dahulu atau cukup jadikan Thief sebagai pemimpin party karena akan ada banyak pintu terkunci (beberapa pastinya berhadiah) dan memang harus kamu masuki untuk meneruskan perjalanan. Tujuanmu di sini hanya satu, dapatkan Noah’s Lute.
            Bila sudah, kembali ke World Map dan pergi ke bagian utara tanjung. Masuki gua yang kamu temui.

UNEI’S SHRINE
            Dengan Noah’s Lute yang kamu miliki, Unei pun akan terbangun. Ia akan memberimu Fang of Fire dan bergabung dengan party. Nanti pada saat battle, Unei akan membantu dengan magic Holy dan Haste. Keluarlah dan pergi ke bagian barat Saronia. Sambil terbang menyusuri sungai, masuki gua pada daratan sebelah utara.

ANCIENT’S RUINS
            Beberapa musuh yang kamu temui di sini akan menggandakan dirinya. Saksikan scene Unei membuka jalan yang terhalang oleh adamantite. Pada ruangan dengan para Scholar, periksa pintu-pintu yang ada untuk Shop.
            Jelajahi terus dungeon hingga sampai pada scene dimana kamu akan mendapatkan transportasi terhebat pada game ini. Yeah!

THE INVINCIBLE
            Tangga ke bawah membawamu turun dari pesawat. Tekan A untuk di depan kemudi untuk mengendalikannya. Saat mengemudikan, kamu bisa melewati bukit-bukit kecil dengan menekan A. Tombol B membawamu kembali ke dalam pesawat. Bila terjadi battle saat sedang menjalankan pesawat, kamu juga akan dibantu oleh Fire Support. Hoho, tidak hanya itu saja. Kamu juga bisa beristirahat, memanggil Fat Chocobo, dan berbelanja.
            Oke, sekarang pergi ke barat daya Saronia. Bila kamu melihat bukit yang bisa dilalui di selatan, masuki saja. Ikuti jalur untuk menemukan pemukiman selanjutnya.

FALGABARD
            Para Dark Knight bermukim di sini.Adakolam revive pada salah satu rumah. Lewati jalan air hingga berujung pada batu besar yang dapat kamu naiki. Periksa sekeliling untuk beberapa item tersembunyi. Kunjungi toko-toko yang menjual beberapa barang baru, penting bila kamu memilih job Dark Knight.
            Masuki gua yang ada di sebelah utara. Seperti di dalam Ancient Ruins, musuh di sini akan menggandakan diri. Pilihan tepat untuk mengganti job sebagai Dark Knight. Ambil Blessed Hammer dan lewati jalan di dinding timur. Masih ada Demon Mail juga Ashura dan Kotetsu pada dinding timur lainnya. Keluar dari gua.
            Kalau kamu ingin mendapatkan salah satu senjata terkuat untuk Dark Knight, masuki jalan rahasia di sebelah barat air terjun menuju gua lainnya. Kamu akan melawan Boss rahasia.
 Boss: Shinobi
            Tidak terlalu sulit. Serangannya bisa menimbulkan status Poison dan Blind. Serang saja sambil tetap memperhatikan HP party secara keseluruhan. Menang darinya maka kamu akan mendapatkan Kiku-Ichimonji.
            Urusanmu di Falgabard selesai. Sekarang pergi ke utara Amur. Masuki jalan lewatpadangpasir yang luas. Akan ada banyak bukit yang menghalang tapi kini kamu sudah bisa melewatinya, bukan? Setelah lompat sana-sini, kamu akan menemui sebuah gua. Masukilah.

CAVEOFSHADOWS
            Gunakan job Dark Knight karena senjata mereka sangat terpakai dalam dungeon yang cukup membingungkan ini. Di ruangan pertama, ada jalan rahasia di dinding timur menuju Black Musk. Ambil Dark Claws di rute utama dan bicara pada Dark Knight disanayang akan memberimu Kotetsu. Berikutnya ada Tranquilizer dan Lilith’s Kiss, juga Genji Gloves dan Kiku-Ichimonji pada jalan rahasia.
            Pada ruangan dengan bentuk yang berbeda dengan sebelumnya, ambil Genji Shield dan Genji Helm. Tidak ketinggalan pula Genji Armor pada jalan rahasia di sebelah timur ruangan berikutnya. Fang of Earth dan Boss sudah menunggu.
Boss: Hecatoncheir
            Saya menghadapinya pada level 36. Yang perlu diwaspadai mungkin hanya magic Quake-nya yang cukup berbahaya. Jaga terus kondisi White Mage sebagai tabib dalam party, karena Hecatoncheir menyerang dua kali berturut-turut.
            Selesai battle, keluar dari gua ini. Kembali ke Doga’s Manor dengan Nautilus. Muncul lingkaran teleport baru. Masukilah.

DOGA’S GROTTO
            Saya memiliki 3 penyerang fisik dan White Mage saat memasuki tempat ini. Ikuti jalur dan ambil 10000 gil (x2) yang ada. Saat percabangan jalan, ambil dulu jalan barat dan ambil semua harta pada ruangan utara. Tidak ada apa-apa di ruangan selatan, jadi kembali saja lagi ke percabangan dan ambil jalan timur. Ambil beberapa item pada ruangan yang ada dan terus saja hingga kamu tiba di antara air terjun. Penuhi dulu HP karena setelah scene kamu akan melawan 2 Boss tanpa jeda.
Boss: Doga
            Ia akan mengeluarkan beberapa magic seperti Drain, Firaga dan Thundaga. Jangan tunda lama-lama untuk menyembuhkan party, lakukan sesegera mungkin.
Boss: Unei
            Dia lebih kuat dari Doga. Kamu akan diserang dengan magic Tornado, Aeroga, ataupun Holy. Tetap utamakan magic-magic penyembuh dari White Mage sebelum kamu menyesal. Sesekali Unei juga akan mengeluarkan Haste dan Protect pada dirinya. Mungkin dalam pertarungan ini kamu harus merelakan beberapa Phoenix Down, tapi itu tidak mengapa.
            Eureka Key akan kamu dapatkan setelah menang. Dengan ini kamu bisa langsung menuju ke bagian barat lautpadangpasir di tengah benua timur.Ada4 pasang patung yang mengapit jalanmu, tapi kini kamu sudah bisa melewati mereka semua tanpa terbunuh. Terus saja hingga kamu berada pada area yang cukup luas dengan hutan di sekelilingnya. Masuki pintu pada gerbang besar yang mengelilingi menara biru.

ANCIENT’S MAZE
            Begitu masuk, langsung masuki pintu di utara. Kristal terakhir tepat berada di hadapanmu. Ups, sepertinya ada yang tidak menyukai kehadiranmu.
Boss: Titan
            Tidak hanya desain yang mirip dengan Hecatoncheir, Titan juga bisa menyerang dengan Quake. Kerahkan para penyerang fisik dan gempur dengan magic-magic terkuatmu. Setelah menang, akhirnya kelompok job terakhir pun kamu dapatkan.
            Dungeon ini sedikit berliku namun dijamin rutenya dapat kamu ikuti tanpa masalah. Jangan lewatkan semua harta yang ada saat mengeksplorasi tempat ini. Beberapa ruangan memiliki pintu yang agak gelap di sebelah timur laut untuk dapat menuju ruangan berikutnya.
Bila sudah berada di World Map lagi, inilah poin terakhir dimana kamu dapat melakukan Save (selanjutnya hanya fungsi Quicksave saja yang bisa).

CRYSTALTOWER
            Pada menara bernuansa biru ini, terus saja naik dan berjalan ke utara. Masuki ruangan di tengah kolam dan dekati dinding yang berornamen bola kristal. Adascene dimana kamu menggunakan Eureka Key untuk bisa teleport melalui lingkaran yang muncul. Area ini memang tidak wajib, tapi bagi kamu yang bernafsu ingin melawan beberapa Boss rahasia, mendapatkan beberapa senjata terkuat dan membeli magic-magic level akhir, maka menjelajahinya menjadi suatu keharusan.

THE FORBIDDEN LAND,EUREKA
            Ambil semua harta di jalan hingga ruangan berikut.Ada2 jalan barat dan timur, dimana masing-masingnya terdapat ruangan utara yang berisi harta. Raih semuanya. Pada pertemuan kedua jalan tersebut, ada jalan kecil menuju Ribbon di tengah-tengah (awas, dijaga monster!). Lagi-lagi percabangan, lewati dulu yang barat daya untuk Shuriken lalu tenggara untuk ke ruangan berikut.
            Di ruangan ini harta bisa kamu ambil sambil jalan. Pada ruangan berikut akan ada altar. Sembuhkan party dan cek altar tersebut untukscene.
Boss: Amon
            Level saya 55 saat melawannya. Boss ini mengeluarkan Blizzaga dan Thundaga. Jangan mau kalah, balas juga dengan semua magic terdahsyat yang kamu miliki. Sembuhkan party pada tiap putaran. Tenang, tidak perlu takut MP-mu akan terkuras habis di sini. Mulai saat ini, setiap kemenangan atas pertarungan Boss akan memulihkan semua MP. Menang dari Amon kamu akan mendapatkan Moonring Blade (senjata kuat untuk ability Throw milik Ninja).
            Akan ada percabangan lagi di depan. Masuki jalan barat dulu untuk Omnirod (senjata terkuat bagi Magus) dan lanjut ke timur untuk altar selanjutnya. You know what to do.
Boss: Kunoichi
            Ninja wanita ini memiliki serangan fisik yang dapat menimbulkan beragam status seperti Poison dan Blind. Saat menggunakan Haste pada dirinya, ia bisa menyerang sebanyak 3 kali tiap putaran, jadi cepat netralisir dengan Erase. Menang darinya maka kamu mendapatkan Masamune untuk Dark Knight.
            Kembali ke percabangan dan kini lewati jalan selatan. Ambil juga Phoenix Down sebelum naik tangga. Lewati jembatan reot dan abaikan dulu jalan utara yang kamu temui. Berjalan pada jalan setapak ke timur hingga melihat altar dengan Excalibur, si pedang legendaris.
Boss: General
            Boss ini mengandalkan serangan fisiknya yang memang cukup kuat. Gunakan Protect bila perlu dan serang saja dia dengan magic-mu, terutama Quake. Bila kamu memiliki Black Belt, lakukan Boost dan serang pada 2 putaran berikutnya. Hal ini cukup efektif. Setelah General kalah, Excalibur pun kamu dapatkan. Gunakan pada Knight-mu.
            Sekarang masuki jalan utara yang sebelumnya kamu acuhkan. Di depanmu terlihat lingkaran teleport dan jalan barat-timur. Kedua jalan tersebut sama-sama membawamu ke altar dengan senjata-senjata cool. Oke, ke barat dulu saja. Disana sudah menunggu Elder Staff yang dijaga oleh…
Boss: Scylla
            Makhluk berkepala serigala ini bisa mengeluarkan Firaga, Blizzaga, Flare dan menyembuhkan diri dengan Curaja. Serangan fisiknya juga bisa membuat Petrified. Seperti biasa, gempur dengan magic dan serang terus dengan Knight, Black Belt, atau penyerang manapun yang kamu miliki. Hadiahkan Elder Staff kepada Devout-mu begitu menang.
            Sekarang ke jalan timur. Pedang Ragnarok telah menunggumu di atas altar. Hadapi Boss terakhir diEureka.
Boss: Guardian
            Hati-hati, serangan fisiknya bisa membuatmu Confused. Kalau sudah begitu, gunakan Esuna secepat mungkin. Serangan Tornado-nya juga berbahaya. Bila ia mengeluarkan Reflect pada dirinya, hapus dengan Erase. Jaga terus kesehatan White Mage-mu karena untuk kesekian kalinya ia akan menyelamatkanmu. Berikan hadiah atas kemenangan ini pada Knight.
            Melangkahlah menuju lingkaran teleport. Ambil semua harta yang ada dan bicaralah pada 2 orang disana. Toko-toko termahal dengan barang terbagus dalam game ini ada pada mereka.
Spell Shop #1
            Flare (black)                : 60000
            Death (black)              : 60000
            Meteor (black)             : 60000
            Tornado (white)          : 60000
            Arise (white)               : 60000
            Holy (white)                : 60000
Spell Shop #2
            Catastro (Odin)           : 40000
            Leviath (Leviathan)    : 50000
            Bahamur (Bahamut)    : 60000
            Lewati tembok timur untuk jalan rahasia menuju penjual yang terakhir. Dia menjual Shuriken yang sangat penting untuk Ninja-mu (dengan Throw dapat menghasilkan damage sampai 9999!). Saya sarankan untuk membelinya di atas 10 bila kamu punya banyak gil.
Item Shop
            Shuriken                      : 65500
            Crystal Shield             : 50000
            Crystal Mail                : 50000
           CrystalGloves              : 50000
            Crystal Helm               : 50000
            Apollo Harp                : 60000
            Urusanmu di tanah terlarang ini telah selesai. Gunakan Exit untuk keluar dan kembali lagi keCrystalTower.Adabaiknya kamu memodifikasi job pada party-mu lagi dengan menyertakan anggota penyembuh di dalamnya. Sekedar informasi, saya menggunakan formasi Knight, Magus, Devout dan Ninja hingga akhir game.

CRYSTALTOWER
  • Naiki tangga utama dan jalan dulu ke arah timur. Dapatkan Lilith’s Kiss di belakang kolam. Selebihnya tinggal ambil semua harta yang ada di sini. Kembali lagi ke tangga utama bila sudah. Sekarang pergilah ke barat dan periksa sisi lain di belakang kolam untuk Chocobo’s Wrath. Ambil juga White Musk dan Fuma Garb di bawah. Cek tembok berornamen (seperti pintu menuju Eureka) untuk lanjut ke ruangan berikutnya.
  • Rute di sini sudah jelas. Jangan lewatkan semua item di sepanjang perjalanan menuju ruangan berikutnya.
  • Di ruangan ini, langsung saja ke timur karena hanya ada jalan buntu di barat. Lewati gapura dan jalan saja terus hingga berganti ruangan.
  • Setelah mendapatkan Phoenix Down, cek dinding barat dimana terdaapt jalan rahasia. Telusuri saja, ambil Shuriken dan masuk ke ruangan selanjutnya.
  • Tersedia 2 Elixir danPhoenixDown di sini. Masuki pintu di utara jalan melingkar.
  • Masuki lagi ruangan yang berada tepat di depanmu.
  • Bergeraklah ke timur (karena di barat hanya jalan buntu) melewati gapura dan ikuti saja jalan yang berkelok-kelok. Saat kamu melihat belokan di utara, masuki saja karena tidak akan ada apa-apa pada jalan barat.
  • Ambil Phoenix Down dan Crystal Mail di ujung jalan barat dan timur. Lanjutkan ke tangga yang terletak persis di utara tangga kamu masuk ke ruangan ini.
  • Dari kemunculanmu, ambil Crystal Gloves dan Crystal Shield pada jalan barat dan PhoenixDown dan Crystal Helm pada jalan timur. Lanjutkan menaiki tangga tepat di utara tangga masuk. Di dalam ruangan tersebut, sembuhkan party sebelum memeriksa cermin di tengah ruangan. Setelah scene yang cukup panjang dan kamu dapat mengontrol karaktermu lagi, majulah untuk melawan figur yang selama ini disebut-sebut.
Boss: Xande
            Seperti semua Boss yang sudah-sudah, Xande akan menyerang 2 kali dalam tiap putaran. Ia menyerang dengan Blizzaga dan Meteor yang cukup berbahaya. Standar saja, gunakan magic-magic terkuatmu dan serangan fisik para petarung, sambil tetap menyembuhkan party secara teratur. Seperti yang sudah saya singgung, MP akan dipulihkan setelah battle, jadi gila-gilaan saja dengan Magus dan Devout-mu. Saya mengalahkannya pada level 57.
Akan ada scene lagi yang muncul. Seperti bisa diduga, Xande bukanlah boss terakhir. Dalang dari semua ini akan menampakkan wujudnya.
Boss: Cloud of Darkness (bag.1)
            Pertarungan yang sia-sia. Jangan keluarkan magic atau buang item apapun di sini. Apapun yang terjadi, skenario tetap mengharuskanmu untuk kalah.
Saksikan scene kebangkitanmu. Begitu party dapat kamu kontrol, masuklah ke dalam lubang hitam untuk menjelajahi dunia kegelapan.

WORLD OF DARKNESS
Kamu berada di atas bidang berbentuk huruf X dengan 5 lingkaran teleport: satu di tengah dan keempat lainnya ada di ujung tenggara, barat daya, barat laut dan timur laut. Sedikit penjelasan, teleport tengah akan langsung membawamu ke Final Boss dan 4 lainnya menuju Boss pilihan. Bila keempat Boss pilihan kamu kalahkan, hal ini akan berdampak pada HP Final Boss yang menjadi berkurang. Semua terserah kamu kok. Anyway, saya akan menjelaskan panduan melawan keempat Boss pilihan tersebut. Pergilah dulu ke jalan tenggara.
Di sini kamu akan melihat peti berisi Ribbon, namun ia dijaga oleh Xande’s Clone. Teruskan saja hingga kamu menemui lingkaran teleport lainnya. Masuk dan sembuhkan party. Adascene pertemuan dengan Warrior of the Dark yang terperangkap di dalam Dark Crystal. Bersiaplah!
Boss: Ahriman
            Sosoknya familiar, bukan? Ia dapat mengeluarkan Thundaga dan menyembuhkan diri dengan Curaja. Serang dengan magic Tornado dan lainnya, sambil tetap menjaga HP.
Saksikan scene setelah menang dan kembali lagi ke area X. Pergilah ke barat daya. Setelah teleport, berjalanlah ke arah barat dan telusuri awan ungu pada jalan paling pojok di utara yang akan membawamu ke Ribbon dan Xande’s Clone. Bila sudah, masuki jalan utara lain yang berada tepat di sebelah timur jalan ini untuk lingkaran teleport berikutnya dimana Boss berikutnya berada.
Boss: Echidna
            Serangannya berupa magic Drain, Tornado dan Quake. Hadiahkan saja ia dengan Flare milik Magus-mu dan serangan-serangan fisik seperti biasa.
Setelah kembali ke area X, masuki jalan barat laut. Rute di sini cukup jelas. Ada Ribbon seperti yang sudah-sudah dan teleport menuju Boss di akhir perjalanan.
Boss: Cerberus
            Anjing berkepala 3 yang menyerang 3 kali tiap putaran ini menyerang dengan Firaga dan Blizzaga. Serangan fisiknya bisa mencapai 1000, jadi jangan sampai lengah memanfaatkan Devout-mu. Flare masih efektif.
Lalui jalur timur laut yang belum sempat kamu kunjungi. Masih ada Ribbon terakhir sebelum lingkaran teleport Boss.
Boss: Two-headed Dragon
            Boss ini hanya menyerang secara fisik, namun meskipun demikian damage-nya bisa mencapai diatas 1300, jadi tetap perlu berjaga-jaga. Bukan masalah besar dengan strategi yang sebelumnya.
Tinggal satu lingkaran lagi yaitu yang di tengah. Masukilah dan pada area ini, kamu hanya perlu menelusuri garis-garis ungu yang muncul satu-persatu. Lingkaran teleport lain menunggu di akhir perjalanan. This is it. Oke, cek dulu HP party, lengkapi semua dengan 4 Ribbon yang sudah kamu dapat, tempatkan semua pada bagian belakang barisan, dan bila ada Devout dan Ninja dengan sedikitnya 12 Shuriken akan sangat membantu. Lakukan teleport, berjalanlah di atas bintang yang bertaburan, lalu cek cahaya putih. Saksikan scene yang muncul. Bila kamu telah mengalahkan keempat Boss pilihan, para Warriors of the Dark akan membantu mengurangi HP Final Boss. Bersiaplah untuk pertempuran panjang.

Final Boss: Cloud of Darkness (bag.2)
            Semoga levelmu paling tidak sudah mencapai 60. Wujudnya masih sama seperti sebelumnya dimana kedua tentakel masih setia menemaninya. Abaikan saja mereka dan fokuskan seranganmu hanya kepada Cloud of Darkness. Ia dapat menyerang sebanyak 3-4 kali dalam tiap putaran, karena itu tetap sembuhkan party dengan Curaga/Curaja pada tiap putaran untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Ia juga akan melempar Haste pada dirinya, tapi hal ini tidak akan terlalu berpengaruh. Serangan Bad Breath-nya dapat menimbulkan berbagai status yang cukup gawat bila kamu tidak memakai Ribbon. Dan yang paling mengerikan adalah serangan Lightning dan Particle Beam-nya yang mungkin dapat menewaskan anggota party. Hidupkan mereka dengan Arise sambil memperhatikan timing kapan harus mengeluarkan Curaga/Curaja.
            Knight bisa terus menyerang dengan serangan fisik. Magus tetap konstan menyerang dengan magic-magic berat seperti Flare. Untuk Devout bisa mengeluarkan Protect pada awal pertarungan, namun selanjutnya konsentrasikan saja untuk menyembuhkan dan membangkitkan anggota yang mati. Bila kamu memiliki Ninja, lempar Shuriken sejak awal pertarungan dan tetap lakukan hal ini sampai Shuriken-mu habis. Jangan pelit juga untuk memakai Elixir yang kamu miliki. Bersabar saja, maka pertarungan ini akan dapat kamu menangkan.
Congratulations! Nikmati ending dan save game kamu. Saat Load data ini, kamu akan mulai dari World Map di dekat posisi Invincible yang terakhir. Kamu dapat melawan lagi semua Boss di Crystal Tower sampai Final Boss (kecuali 5 Boss di Eureka) dengan level, status dan stok item terakhir seperti pada waktu mengalahkan Final Boss sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar