Final Fantasy VII Walkhtrough (disc 3) Versi bahasa Indonesia


DISC THREE

NORTHERN CRATER =
Dungeon terakhir dan perjalanannya teramat sangat panjang! Jangan lupa mengambil Save Crystal dan gunakan dengan bijaksana karena item ini hanya ada SATU!!!!! Persiapkan juga Exit Materia untuk kabur dari musuh Gargoyle. Bukan apa-apa, musuh ini menjengkelkan dengan L4 Death yang dikerahkan jika dia hendak tewas. Biasanya sih miss, tapi tidak jarang juga mengenai semua karakter yang berarti instant game over.
Kalau mau, tinggalkan Northern Crater dan lakukan kegiatan lain di luar. Kamu bisa pergi ke Ancient Forest dengan menggunakanGreenBlack atau Gold Chocobo atau setelah mengalahkan Ultima Weapon. Akan lebih baik jika kamu memiliki senjata terkuat para karakter. Di bawah ini adalah cara mendapatkannya dan Limit Manual Lv4.

Cloud Strife
-         Ultima Weapon : Kalahkan Ultima Weapon saat dia berhenti di dekat Cosmo Canyon à Makin tinggi HP Cloud, makin besar serangannya.
-         Omni Slash : Tukarkan dengan 32.000 BP di Battle Square Gold Saucer.

Tifa Lockhart
-         Premium Heart : Di Wall Market, toko yang tertulis "ITEM" à Makin sering slot "MISS", makin kuat daya serangnya.
-         Final Heaven : Bawa Tifa kemudian mainkan piano di kamar Tifa, Nibelhiem. X,S,T,L1+T,L1+S,X,S,T,L1+X,O,X,S,X. Lalu SELECT.

Barret 
-         Missing Score : Di Midgar, saat hendak melawan Hojo. Barret wajib dibawa. à Makin banyak materia berlevel tinggi yang dipasang, makin tinggi serangannya.
-         Catastrophe : Corel, bicara dengan perempuan bertopi di salah satu rumah.

Red XIII
-         Limited Moon : Bicara dengan Bugenhaagen di Disc 3 à Makin besar MP Red, makin besar daya serangnya.
-         Cosmo Memory : Kalahkan Odd Number di Shinra Mansion.

Vincent
-         Death Penalty : Kamu harus bertemu dengan Lucretia di Disc 2 lalu kembali di Disc 3 à Makin banyak musuh yang dibantai Vincent, makin kuat daya serangnya.
-         Chaos : Sama dengan di atas.

Cid
-         Venus Gospel : Bicara dengan kakek tua di Rocket Town, kakek yang memberikan Yoshiyuki sebelumnya à sama seperti Red.
-         Highwind : Di kapal Gelnika yang tenggelam.

Yuffie 
-         Conformer : Di kapal Gelnika yang tenggelam à Makin tinggi level musuh dibandingkan Yuffie, makin tinggi serangannya.
-         All Creation : Kalahkan Godo di Wu Tai.

Cait Sith
-         HP Shout : Shinra HQ lantai 64, saat menyerang Midgarà sama seperti Cloud.

Kembali ke Northern Crater lalu terus turun ke bawah sampai kamu melihat teman-temanmu. Bagi kelompokmu menjadi dua. Biarkan dua karakter ke kanan dan Cloud bersama 5 karakter lain ke kiri (termasuk dua karakter yang sudah dimasukkan dalam kelompok tetapmu). Di layar berikutnya, kirim dua karakter lainnya ke bawah dan Cloud mengambil bagian atas. Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk menaikkan level materiamu.
Manfaatkan W-Item untuk menduplikasi Megalixir dan Elixir sebanyak mungkin. Magic Pot (setelah diberikan Elixir) dan Mover memberikan AP yang luar biasa jika kamu mengalahkannya. Manfaatkan Apocalypse dan equipment lain yang memberikan growth double/triple. Letakkan save point di sini sementara Cloud meningkatkan level materiaSave game sebelum melakukan apa pun kegiatanmu.
Di layar yang terdapat cahaya terang, W-Magic materia tersembunyi di sini. Periksa dengan seksama sebelum meneruskan. Semua anggota party akan menunggu disini. Bicara dengan semuanya untuk mendapatkan item yang mereka temukan. Kalau sudah merasa cukup kuat (dan cukup mental), teruskan ke bawah untuk event dan bentuk kelompok sebelum meneruskan ke bawah.
Teruslah meloncat ke bawah sambil menghabisi musuh yang menghalangi jalanmu. Sebelum mencapai dasar, sembuhkan diri kemudian loncat ke batu terakhir.

Boss : JENOVA SYNTHESIS (Hp : 6000)
-> Boss ini harus dikalahkan sebelum countdownnya selesai. Setelah mencapai 1, dia akan menggunakan Ultima. Walaupun kemungkinan besar party akan bisa bertahan dari serangan ini, tapi kamu tidak akan mendapatkan exp atau AP. Kamu bisa menggunakan magic, tapi serangan fisik juga efektif (digabung dengan Slash All4x Cut pada ketiga karakter yang memiliki ultimate weapon).

Akan ada event lagi kemudian kamu diminta untuk membagi kelompokmu menjadi dua atau tiga kelompok. Jika kamu membagi menjadi 3, salah satu kelompok hanya terdiri dari 2 orang. Pastikan karakter yang tidak bisa menyerang jarak jauh memiliki LongRange Materia. Pastikan juga kelompok Cloud memiliki Ribbon sebagai aksesories.

Boss : BIZARRO SEPHIROTH (Hp : ~ 40000)
->Gunakan Big Guard untuk pertahanan dan serang dengan magic atau Summon kuat. Kamu bisa berganti-ganti party jika salah satu bagian musuh tewas. Ingat, jika salah satu party tewas maka GAME OVER. Gunakan Knight of Round untuk pertempuran yang lebih singkat.

Boss : SAFER SEPHIROTH (Hp : tergantung level Cloud)
->Kamu hanya menggunakan kelompok Cloud. Level dan HP Safer Sephiroth tergantung pada level Cloud saat menghadapinya. Jika Cloud level 99, maka Safer Sephiroth juga akan mencapai level yang sama. Semua serangannya kuat dan dia langsung menggunakan Wall sebagai pertahanan awal. Gunakan De-Barrier dan serang dengan semua serangan kuat. Jika dia mulai terbang lebih tinggi, itu pertanda dia akan memanggil 'Supernova'. Segera gunakan Big Guard+Regen dan bantai dia secepat mungkin. Kalau beruntung, dia akan mati sebelum memanggil Supernova. Jika kamu gagal dan Supernova keburu muncul, segera sembuhkan status dan HP dengan Megalixir.

Boss : SEPHIROTH (Hp :  ????)
->Langsung gunakan Limit Omni Slash saat Limit Bar Cloud penuh dan ucapkan bye-bye ke Sephiroth untuk sementara…

GOLD CHOCOBO

  1. Pergilah ke Chocobo Farm dan sewa seluruh peternakan. Sekarang kamu harus mendapatkan "Good" dan "Very Good" Chocobo. "Good" Chocobo bisa ditemukan di daerah Gold Saucer, biasanya ditemani Spencer dan Flap Beat. "Very Good" bisa ditemukan di daerah Mideel atau daerah Rocket Town, ditemani oleh Spiral (Mideel) dan Valron (Rocket Area).
  2. Kembali ke peternakan, pastikan kamu memiliki sepasang jantan dan betina dari "Good" atau "Very Good" Chocobo. Kemudian naikkan status mereka dengan memberikan "Green" yang bisa dibeli di Chocobo Sage (Icicle Area). Pergilah ke Gold Saucer dan naikkan status Chocobo kamu sampai paling tidak ranking B / A.
  3. Pergilah ke pulau di dekat Bone Village dan cari monster Brachioladus. Curi "Carob Nut" darinya. Usahakan kamu memiliki paling tidak 5 buah. Kembali ke peternakan dan kawinkan chocobo kamu dengan menggunakan "Carob Nut". Hasilnya bisa acak, bisa Blue/Green/Regular Chocobo. Jadi pastikan kamu mensave terlebih dahulu.
  4. Lakukan hal yang sama sampai kamu mendapatkan "Blue" dan "Green" Chocobo yang berbeda jenis kelamin. Naikkan level mereka sampai A di Gold Saucer. Kawinkan mereka untuk mendapatkan "Black" Chocobo.
  5. Sekarang kamu butuh "Wonderful" Chocobo. Kamu bisa menangkapnya di Icicle Area, biasanya ditemani oleh Jumping. Naikkan kelasnya sampai S. Hal yang sama dengan "Black" Chocobo.
  6. Pergilah ke Goblin Island, tidak jauh dari Mideel. Curi "Zeio Nut" dari mereka. Kawinkan "Black" Chocobo dengan "Wonderful" Chocobo dengan menggunakan "Zeio Nut". Dan jika berhasil, walaaaa…. GOLDEN CHOCOBO!!!!

Mendapatkan Ribbon à Kamu harus melakukan morph ke Master Tonberry. Pastikan membawa Yuffie. Panggil Hades dan monster ini akan terkena bad status. Gunakan Morph dari ketiga karakter dan dia akan berubah menjadi Ribbon. Damage yang ditimbulkan oleh Yuffie lebih besar dibandingkan karakter lain, terutama dengan Conformer.

Final Attack Materia -> Lakukan di Disc 3. Pergilah ke Battle Square di Gold Saucer dan gunakan selalu Cloud yang sudah memiliki Ultima Weapon. Dapatkan W-Summon Materia (64000 BP) dan Omni Slash (32000 BP). Aktifkan Omni Slash lalu bicara dengan perempuan di counter dan dia akan menawarkan Special Battle yang hanya bisa diikuti oleh Cloud. Menangkan 8 pertempuran sulit dan dapatkan Final Attack Materia!

Knight of Round Materia -> Kamu harus mendapatkan Gold Chocobo terlebih dulu. Dari Chocobo Farm, pergilah ke arah pojok kanan. Ada sebuah pulau bundar di sana, tapi tidak terlihat di peta. Knight of Round Materia terdapat di dalam.

Menduplikasi item -> Kamu membutuhkan W-Item Materia dan item yang ingin diduplikasi harus ada 2. Pasangkan di karakter, kemudian pilih W-Item. Pilih sekali dan pilih karakter, tapi setelah memilih item berikutnya dan panah menunjuk ke karakter berikutnya, jangan tekan O tapi tekan X. Jadi urutannya O,O,O,X,O,X,O,X… Lakukan terus menerus untuk menduplikasi item langka seperti Elixir atau Megalixir.

ENEMY SKILL BERGUNA

White Wind ->Zemzelett (Fort Condor/Junon Area).
Beta ->Midgar Zolom (Midgar Marshes)
Angel Whisper-> Pollensalta (Northern Crater)
Big Guard -> Beach Plug (Costa Del Sol Area)
Dragon Force -> Blue Dragon (Gaea's Cliff) atau Dark Dragon (Northern Crater)
Magic Breath -> Stilva (Gaea's Cliff) atau Parasite (Northern Crater).
Magic Hammer -> Razor Weed (Wu Tai Area)
Bad Breath -> Malboro (Gaea's Cliff atau Northern Crater)
Shadow Flare -> Ultimate Weapon atau Safer Sephiroth

HOW TO BEAT WEAPON
            Ada banyak cara untuk mengalahkan para Weapon. Berikut adalah salah satu cara yang bisa digunakan tapi kamu bisa menggunakan cara-cara lain.

ULTIMATE WEAPON
Dia bisa ditemukan melayang di atas danau di dekat Junon saat Disc 3. Pasangkan elemental + materia non-elemen ke armor. Tabrak dia dan kalahkan, dia akan kabur. Kejar terus atau biarkan saja dulu beberapa saat (lakukan pengembang biakan chocobo atau side quest lain) sampai dia muncul di dekat Cosmo Canyon. Tabrak lagi dan kalahkan dia. Untuk mudahnya, gunakan sajaKnight of Round. Setelah kalah, dia akan membuka jalan ke Ancient Forest dan memberikan senjata terkuat Cloud.

EMERALD WEAPON
Dapatkan dulu Underwater Materia dengan memberikan Guide Book ke seorang kakek di Kalm. Kamu memerlukan materia ini untuk menghilangkan batas waktu yang ada saat melawan Emerald Weapon. Ada baiknya kamu memiliki Final Attack Materia yang dipasangkan ke Phoenix. Saat melawan Emerald Weapon, gunakan Knight of Round sementara sisanya menggunakan Mime. Sembuhkan HP dan MP dengan menggunakan Megalixir. Cara lain adalah dengan menggunakan Gravity 3 digabung denganQuadra Magic.

RUBY WEAPON
Sayangnya kamu tidak bisa memasangkan Final Attack dan Phoenix karena Ruby Weapon menyerap elemen api. ManfaatkanHades dan Knight of Round. Ruby Weapon terkadang akan “menghilangkan” 2 anggota secara acak sehingga hanya 1 karakter yang bertarung. Kalau sudah begini, sebelum melawan Ruby Weapon, “bunuh” 2 karaktermu melalui pertarungan acak di World Map. Saat melawan Ruby Weapon, segera “bangkitkan” keduanya lagi (atau belakangan, terserah kamu) dan gunakan serangan terkuat non-fire dan non-demiKnight of Round dan Mime merupakan serangan yang paling efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar